Manfaat Vitamin D bagi Penderita Asma

Manfaat Vitamin D bagi Penderita Asma
Manfaat Vitamin D bagi Penderita Asma

jpnn.com - UNTUK melakukan aktifitas sehari-hari tubuh kita harus berada dalam keadaan yang vit dan sehat. Karena itulah kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

Seperti Vitamin D atau yang sering kita sebut juga dengan nama kalsiferol vitamin ini tergolong ke dalam grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon, seperti Vitamin A dan Vitamin B.

Tubuh sangat membutuhkan vitamin D yakni untuk membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik, selain itu Vitamin D berfungsi untuk menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia dan sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), dapat juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Namun kini sebuah penelitian di Iran menemukan bahwa penderita asma yang menerima suplemen vitamin D selama enam bulan, di samping inhaler bisa bernapas sedikit lebih mudah daripada mereka yang mengandalkan hanya pada inhaler.

"Data yang kami miliki yang menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu mereka yang terkena asma," kata Dr. Mario Castro, seperti dilansir laman Fox News, Jumat (4/9).

Tapi Castro juga menunjukkan bahwa penelitian ini hanya mengukur fungsi paru pasien, dan bukan berdasarkan pada membaiknya gejala asma.

"Saya pikir hal ini menambah bukti bahwa vitamin D mungkin bermanfaat dalam mengobati asma yang pada gilirannya memberikan kontribusi pada beberapa penelitian sebelumnya yang juga menemukan bahwa vitamin D merupakan faktor positif yang dapat menyembuhkan asma," kata profesor kesehatan masyarakat dan kedokteran komunitas di Tufts School of Medicine di Boston, Dr. Doug Brugge.

Brugge juga berpikir studi lebih lanjut diperlukan sebelum orang dapat mengasumsikan bahwa vitamin D akan membantu penderita asma. (fny/jpnn)


UNTUK melakukan aktifitas sehari-hari tubuh kita harus berada dalam keadaan yang vit dan sehat. Karena itulah kita dianjurkan untuk mengkonsumsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News