Manfaatkan SPLU PLN, Pelaku UMKM di Ketapang Nikmati Kenaikan Omzet

Manfaatkan SPLU PLN, Pelaku UMKM di Ketapang Nikmati Kenaikan Omzet
Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) PLN. Foto dok PLN

jpnn.com, KETAPANG - PT PLN menyediakan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di sejumlah lokasi strategis di Tanah Air.

Infrastruktur tersebut bisa mendatangkan penghasilan jutaan rupiah bagi para pelaku usaha kecil di Kota Ketapang, Kalimantan Barat.

Seperti Anto (28) dan Aci (40), pelaku usaha bisnis penyewaan skuter listrik. Maraknya tren penggunaan kendaraan listrik di Ketapang mendorong Anto dan Aci untuk membuka usaha ini.

“Sejak Desember 2020 lalu kami menjalankan usaha ini. Awalnya kami coba datangkan 6 buah skuter listrik. Alhamdulillah,  sekarang sudah menghasilkan omzet bersih sekitar Rp 3-5 juta rupiah per bulan," jelas Anto.

Untuk menikmati sensasi mengendarai kendaraan listrik, per jamnya dibanderol sebesar Rp 50 ribu.

Dengan pengisian sampai penuh, sepeda listrik miliknya mampu bertahan hingga 5 jam pemakaian. Selain itu, sepeda listrik ini tidak bising, serta ramah lingkungan.

Sementara itu, Aci mengaku mendapat kemudahan untuk mengisi daya skuter listrik sewaannya dengan dukungan yang dibangun PLN di lokasi-lokasi yang strategis, khususnya di pusat-pusat keramaian.

Senada, Agung (34), salah satu Pedagang yang membuka lapak berjualan di Jalan Merdeka, mengaku dengan motor listrik dirinya bisa lebih menghemat pengeluaran dalam menjalankan usahanya.

Di masa pandemi penjualan listrik di SPLU naik dari 69.174 kW pada 2020 kWh menjadi 93.656 kW pada 2021, atau naik sekitar 35,39%.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News