Mangga Cirebon Diekspor ke Negara Eropa dan Timur Tengah

Mangga Cirebon Diekspor ke Negara Eropa dan Timur Tengah
Bupati Cirebon Imron Rosyadi saat melepas ekspor mangga gedong gincu. Foto: Khaerul Izan/Antara

jpnn.com, CIREBON - Bupati Cirebon, Jawa Barat, Imron Rosyadi melepas secara simbolis ekspor mangga gedong gincu ke beberapa negara di Timur Tengah.

"Kita jangan berpuas diri, terus tingkatkan kualitas agar mangga gedong gincu menyebar ke berbagai negara," kata Imron saat melepas secara simbolis ekspor buah mangga, Sabtu (26/10).

Imron mengaku bangga dengan apa yang telah dicapai para pengekspor dan petani mangga yang berada di Kabupaten Cirebon, karena bisa mengenalkan buah khas wilayah Cirebon.

Menurut dia, ekspor mangga khususnya gedong gincu bisa menjadikan Cirebon lebih terkenal di dunia, di mana sebelumnya dikenal dengan rotannya.

"Ekspor ini membuktikan bahwa kualitas produk Kabupaten Cirebon diakui secara internasional," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon Ali Effendi mengatakan, ekspor mangga gedong gincu per bulan bisa mencapai 160 kuintal dan dikirim ke sejumlah negara di berbagai belahan dunia.

"Dari mulai Kuwait, Uni Emirat Arab, Swiss, Australia, Singapura dan lainnya. Itu juga baru dari satu pengekspor saja, belum yang lainnya," katanya.

Ali mengatakan, jumlah tersebut masih jauh dari permintaan pasar internasional, di mana saat ini permintaan mangga gedong gincu mencapai 100 ton per bulan.

Mangga gedong gincu akan diekspor ke Kuwait, Uni Emirat Arab, Swiss, Australia hingga Singapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News