Mantan Wagub DKI Anggap Jokowi Tidak Paham Administrasi

Mantan Wagub DKI Anggap Jokowi Tidak Paham Administrasi
Mantan Wagub DKI Anggap Jokowi Tidak Paham Administrasi

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menilai Gubernur Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan praktek mal-administrasi, karena tidak paham administrasi atas pengelolaan taman BMW sebagai aset Pemda DKI yang akan dibangun stadion bertaraf internasional.

Sebab, kata Prijanto, taman BMW sejak Gubernur DKI Jakarta dijabat Fauzi Bowo sudah menjadi aset Pemda berdasarkan BAST (Berita Acara Serah Terima) namun saat ini oleh Jokowi dikelola berdasarkan SK hak pakai yang sudah kadaluarsa.

"Dalam kasus pengelolaan taman BMW, jelas sekali Jokowi tidak paham soal administrasi. Taman BMW itu sudah menjadi aset Pemda DKI berdasarkan BAST atas Kewajiban Pengembang kepada Pemrov DKI Jakarta pada tanggal 8 Juni 2007. Tapi Jokowi justru menggunakan dan menerima dua sertifikat berdasarkan SK hak pakai tahun 2003 yang sudah kadaluarsa. Ini bisa menjadi mal-administrasi," kata Prijanto, di Jakarta, Rabu (21/5).

Selain itu lanjutnya, masih banyak persoalan terkait pengelolaan tanah BMW yang belum selesai. "Bagaimana mungkin sertifikat tanah hanya 12 ha untuk menguasai seluruh lahan? Saya tidak habis pikir untuk masalah besar dan serius seperti ini kok Jokowi bisa tidak mengerti," tanya Prijanto.

Lebih mengherankan lagi, ujar Prijanto, Jokowi ingin segera meletakkan batu pertama pembangunan stadion di atas tanah BMW yang belum memiliki IMB.

"Salah satu jargon Jakarta baru adalah setiap dirikan bangunan wajib memiliki IMB dengan syarat ada sertifikatnya. Apakah rencana peletakan batu pertama pembangunan stadion di atas tanah BMW sudah memiliki IMB? Kalau toh ada IMB, apakah stadion tersebut berdiri di atas tanah 12 ha yang posisinya menepi dan memanjang? Apakah ini karakter Jokowi suka melanggar aturan? Apakah Jokowi akan mengulangi kesalahan seperti kasus monorail? Belum ada perjanjian kerja sama tapi sudah meletakkan batu pertama," tanya Prijanto. (fas/jpnn)


JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menilai Gubernur Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan praktek mal-administrasi, karena tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News