Mantan Wakil Kepala BIN Yakin Aisyah Dimanfaatkan

Mantan Wakil Kepala BIN Yakin Aisyah Dimanfaatkan
Paspor atas nama Siti Aisyah yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Aisyah kini ditahan Polisi Diraja Malaysia atas dugaan keterlibatannya dalam pembunuhan atas Kim Jong-nam. Foto: JawaPos.Com/istimewa

jpnn.com - jpnn.com - Kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Siti Aisyah yang terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-Nam dilihat dari sudut pandang rekrutmennya ada dua kemungkinan. Menurut mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) As'ad Said Ali, motif uang dan asmara bisa menjadi pemicunya.

"Belum tentu dia ikut membunuh, dia hanya dilibatkan karena dia orang biasa yang mungkin punya kedekatan," katanya, Jumat (17/2) siang.

Menurut As'ad, Siti Aisyah dibutuhkan karena bisa saja punya kedekatan khusus, sehingga akhirnya direkrut. Rekrutmen WNI itu, lanjut dia, mungkin di luar negeri ‎.

"Ada dua (motifnya,red). Bisa karena uang, bisa karena dia tidak sadar kalau dimanfaatkan," ungkapnya.

Kalau uang, tentu Siti dalam kondisi sadar dan bersedia terlibat dalam spionase ini untuk sejumlah duit.

"Kalau dimanfaatkan, bisa saja dia punya pacar orang Korut, kemudian dilibatkan. Yang pasti, untuk bisa direkrut, ini orang Indonesia dicari kelemahannya, kemudian dimanfaatkan," tuturnya.

Bisa juga, imbuh As'ad, ada faktor aib yang dimiliki oleh ‎seseorang, yang dijadikan alasan agar orang tersebut menuruti keinginan yang mengetahui aib tersebut.

Hanya, pria yang pernah menjadi calon Kepala BIN tersebut  meminta masalah ini tak dikaitkan antara hubungan Indonesia dengan Korut sendiri. Sebab, Indonesia juga tak memihak dengan Korsel.

 Kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Siti Aisyah yang terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-Nam dilihat dari sudut pandang rekrutmennya ada dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News