Mantap! Kereta Barang TJ Priok-Cikarang Rampung Akhir 2015

Mantap! Kereta Barang TJ Priok-Cikarang Rampung Akhir 2015
ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Koordiantor Bidang Maritim dan Sumber Daya memastikan penambahan rel kereta jalur Tanjung Priok-Cikarang tidak akan terbengkalai.

Deputi Bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Jasa Kemenko Maritim Agung Koeswandono mengatakan proses pengadaan dan pembayaran lahan sudah rampung sejak Agustus-September 2015.

Sementara lokasi stasiun sea way JITC yang masih tertimbun material milik Dirjen Bina Marga sudah mendapat bantuan dari Kementerian PU-Pera. Diyakini upaya tersebut akan membuat proses pengerjaan semakin cepat.

"Ditargetkan Desember 2015 atau selambat-lambatnya Februari 2016 kereta barang khusus dari Tanjung Priok ke Cikarang Dry Port sudah bisa dioperasikan," ujar Agung di Gedung BPPT, Senin (26/10).

Adapun panjang rel kereta yang akan digarap anak usaha PT KAI ini bakal dibangun menuju ke terminal JITC sepanjang 1,2 Km. Namun, meski penambahan rel tidak terlalu panjang, nantinya Tanjung Priok bisa terhubung ke Semarang hingga Surabaya.

"Jadi dari Priok bisa langsung terus sampai ke Surabaya dan bisa terus ke Banyuwangi, dan bisa dikembangkan ekonomi lebih besar di jalur kereta api. Ini sudah ada yang double track itu," kata ketua Satgas Dwelling Time ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Koordiantor Bidang Maritim dan Sumber Daya memastikan penambahan rel kereta jalur Tanjung Priok-Cikarang tidak akan terbengkalai.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News