Mantap..100 Warga Jateng Masing-Masing Dapat Jatah 1 Hektare di Kaltara

Mantap..100 Warga Jateng Masing-Masing Dapat Jatah 1 Hektare di Kaltara
Mantap..100 Warga Jateng Masing-Masing Dapat Jatah 1 Hektare di Kaltara

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, program transmigrasi terbukti bisa menciptakan lapangan kerja baru, sehingga masyarakat bisa menaikkan tarap hidupnya menjadi lebih baik.

"Karena itu animo masyarakat untuk bertransmigrasi harus diapresiasi setinggi-tingginya," ujar Marwan, di Jakarta, Jumat (5/6).

Secara khusus, Marwan memberi apresiasi kepada sekitar 100 warga Jawa Tengah yang saat ini sudah siap bertransmigrasi ke Kalimantan Utara (Kaltara) dalam waktu dekat. Mereka akan mendapat lahan pertanian yang sangat bagus untuk dikelola, dan setiap orang akan mendapat jatah 1 hektar lahan untuk dikelola. Bahkan mereka juga berpeluang bekerja di sektor jasa.

Marwan mengingatkan, program transmigrasi bermanfaat untuk mengurai kepadatan penduduk, khususnya di Pulau Jawa. Selain itu, juga dapat mengurangi disparitas atau kesenjangan pembangunan antara kota dengan desa, karena masyarakat yang transmigrasi akan didukung penuh untuk membentuk desa-desa baru maju dan mandiri.

Dalam mengembangkan program transmigrari,  Kementerian DPDTT kata Marwan,  berkoordinasi dengan daerah-daerah. Terutama terkait persiapan lahan. Seperti di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dengan persiapan lokasi yang bagus dan dukungan sarana memadai, Marwan menargetkan dapat menempatkan sekitar 4 juta transmigran hingga 2019.

"Jangan dipikir bahwa transmigrasi sekadar perpindahan penduduk dari Jawa ke luar Pulau Jawa. Tetapi banyak nilai lebih dari program ini bagi bangsa dan negara, karena transmigrasi terbukti mampu memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Marwan. (gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, program transmigrasi terbukti bisa menciptakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News