Manusia Prasejarah Sudah Terapkan Kedokteran Gigi

Manusia Prasejarah Sudah Terapkan Kedokteran Gigi
Manusia Prasejarah Sudah Terapkan Kedokteran Gigi
TRIESTE - Ilmuwan Slovenia memperoleh bukti bahwa ilmu kedokteran gigi sudah ada sejak zaman batu. Kesimpulan itu diperoleh berdasarkan hasil penelitian terhadap gigi yang ditambal dengan bahan lilin lebah, yang diperkirakan telah berumur 6.500 tahun.

Gigi geraham milik pria berusia antara 24 sampai 30 tahun itu sebenarnya sudah ditemukan lebih satu abad lalu. Selama itu pula, ilmuwan ataupun pengelola museum di Slovenia tak pernah tertarik untuk menelitinya lebih lanjut.

Sampai akhirnya bulan lalu, bebarapa peneliti dari Pusat Kajian Fisika Internasional di Trieste tertarik untuk menelitinya. Para peneliti menyimpulkan, proses penambalan gigi dilakukan antara sebelum atau setelah pasien meninggal.

Muncul dugaan, kala itu penambalan merupakan bagian ritual atau bukan demi keperluan pengobatan. "Tapi jika dilihat dari segi medis, penambalan kemungkinan dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit dan sensivitas berlebihan gigi," kata Claudio Tuniz, anggota tim peneliti.

TRIESTE - Ilmuwan Slovenia memperoleh bukti bahwa ilmu kedokteran gigi sudah ada sejak zaman batu. Kesimpulan itu diperoleh berdasarkan hasil penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News