Mardiyanto Trauma Lihat Sapi Lari

Mardiyanto Trauma Lihat Sapi Lari
Mardiyanto Trauma Lihat Sapi Lari
JAKARTA - Biasanya, dalam acara resmi penyembelihan hewan kurban di sejumlah departemen, sejumlah sapi dan kambing yang akan dipotong dijejerkan di depan tempat duduk pejabat departemen tersebut. Tapi penyembelihan hewan kurban di gedung Depdagri pada Selasa (9/12) pagi tampak beda. Hanya ada satu sapi yang diikat di pohon, beberapa meter di depan tempat duduk Mendagri Mardiyanto.

Di punggung sapi itu tertera huruf 'MDN', singkatan dari Menteri Dalam Negeri. Kok hanya satu sapi? Padahal, menurut data dari panitia kurban Tahun 1429 H di lingkungan Depdagri, hewan kurban yang akan dipotong sebanyak 63 ekor sapi dan 160 ekor kambing. Rupanya, tidak semua hewan kurban dipajang di depan acara resmi tersebut.

"Secara simbolis, cukup satu saja yang dibawa ke sini. Dulu ada kejadian saat saya kurban di Magelang (AKABRI), ada salah satu sapi yang lari dan baru ketangkap pada jam empat sore. Ini kan malah bisa repot," ujar Mendagri Mardiyanto saat membuka resmi acara penyembelihan hewan kurban.

Dalam kesempatan yang sama, Mardiyanto juga menjelaskan bahwa penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan sehari setelah Hari Raya Idul Adha, tetaplah sah menurut ajaran Islam. "Saya sudah tanya ke Departemen Agama, sah-sah saja hewan kurban dipotong sampai dengan tiga hari setelah Hari Raya Idul Adha. Jadi, tak perlu dipolemikkan lagi," ucapnya.

JAKARTA - Biasanya, dalam acara resmi penyembelihan hewan kurban di sejumlah departemen, sejumlah sapi dan kambing yang akan dipotong dijejerkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News