Maret, RTRW DKI Ditargetkan Kelar

Mancakup Pengendalian Banjir dan Transportasi

Maret, RTRW DKI Ditargetkan Kelar
Maret, RTRW DKI Ditargetkan Kelar
RANCANGAN Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI 2010-2030 diperkirakan rampung Maret 2011 mendatang. Kendati hingga kini masih melalui proses penyerapan aspirasi masyarakat oleh Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pasalnya, rancangan RTRW yang sebelumnya dianggap rampung kerap menuai protes dari kalangan masyarakat. Lantaran proses penyerapan asipirasi masyarakat masih bersifat formalitas. Sehingga dikawatirkan kebijakan tersebut hanya akan melanggengkan keuntungan di kalangan pengusaha dan kerugian bagi masyarakat pemilik lahan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI, Sarwo Handayani mengatakan, RTRW merupakan kebijakan pemprov dalam menata ruang kota yang masih bersifat makro. Di dalam RTRW itu akan memuat dua hal. Yakni pola ruang, dan struktur ruang kota.

"Karena masih bersifat makro, RTRW harus dijabarkan ke dalam Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) tingkat kecamatan. Ini agar bisa diimplementasikan menjadi aturan bagi penerbitan izin pembangunan di kota Jakarta," kata Yani seperti dikutip INDOPOS (grup JPNN), kemarin (15/2).

RANCANGAN Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI 2010-2030 diperkirakan rampung Maret 2011 mendatang. Kendati hingga kini masih melalui proses penyerapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News