Ma'ruf Amin Kenalkan Konsep 3A di Balikpapan

Ma'ruf Amin Kenalkan Konsep 3A di Balikpapan
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin bersilaturahmi bersama Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kamis (21/3). Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin memaparkan konsep program 3A saat bersilaturahmi bersama Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kamis (21/3).

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini mengatakan, program itu bersifat pelatihan. "Kami akan bikin kursus-kursus, saya nyebutnya 3A, tiga akses. Yaitu akses untuk pintar, akses untuk cakap, akses untuk bugar," ujar Ma'ruf.

Program pertama, kata ketua umum Majelis Ulama Indonesia ini, menawarkan kursus kepintaran. Seperti matematika dan bahasa.

(Baca Juga: Kiai Ma'ruf Amin Seperti Harta Karun Tersembunyi)

Program kedua fokus untuk kursus pemberian keterampilan. "Kursus-kursus kecakapan misalnya barista kopi, cara bikin kopi, misalnya jadi seorang fotografer, kursus seni, bikin roti," jelas Ma'ruf.

Kursus terakhir adalah fokus untuk olahraga. Kata Ma'ruf, kursus ini bagus untuk orang-orang tua yang ingin kembali bugar. Adapun bentuk 3A ini adalah sebuah aplikasi market place. Peserta yang mengikuti kursus tersebut bakal mendapatkan sertifikat.

"Kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri, bisa bekerja jadi pengusaha, usaha-usaha sehingga tidak ada lagi orang nganggur," kata dia. (tan/jpnn)


Ma'ruf Amin memaparkan konsep tersebut saat bersilaturahmi bersama Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News