Ma’ruf Cahyono: Bakohumas Bersinergi Sosialisasikan Empat Pilar MPR

Ma’ruf Cahyono: Bakohumas Bersinergi Sosialisasikan Empat Pilar MPR
Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan humas MPR dengan humas kementerian dan lembaga negara yang tergabung dalam Badan Koordinasi Kehumasan atau Bakohumas melakukan sinergi untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sehingga, sosialisasi Empat Pilar bisa dilakukan lebih masif dan dan sampai ke generasi milenial dan masyarakat pada umumnya.

“Dalam Bakohumas ini didiskusikan sekaligus komitmen untuk bahu-membahu melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR melalui kementerian dan lembaga masing-masing. Sebab, kementerian dan lembaga tidak hanya berada di tingkat pusat, tetapi juga mempunyai entitas kehumasan di daerah baik di provinsi, kabupaten, maupun kecamatan,” kata Ma’ruf Cahyono pada Forum Tematik Bakohumas bertema “Peran MPR dalam Memasyarakatkan Nilai-Nilai Empat Pilar Agar Terinternalisasi di Kalangan Milenial”di Ruang Delegasi Plaza Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Prof Widodo Muktiyo, Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah.

Menurut Ma’ruf, MPR mempunyai tugas penting sebagaimana diamanatkan UU No. 17 Tahun 2014 untuk pemasyarakatan dan mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

MPR telah melakukan dengan berbagai metode yang terus disesuaikan dan sasaran segmen masyarakat seperti Lomba Mewarnai Empat Pilar untuk siswa SD, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR tingkat SLTA, outbound, Bela Negara, Training of Trainers (ToT), seni budaya, hingga dakwah Empat Pilar MPR. “Pembentukan karakter di kalangan milenial ini perlu mendapat perhatian,” ujarnya.

Ma’ruf Cahyono mengharapkan dalam Forum Tematik Bakohumas ini menghasilkan dua output. Pertama, hubungan antara kehumasan MPR dengan kehumasan instansi lain akan lebih bersinergi. “Ini akan ditindaklanjuti dengan kerja sama,”ujarnya.

Kedua, visi misi MPR bisa dipahami sehingga baik konten maupun metode yang disampaikan akan saling mendukung. “Dengan demikian upaya sosialisasi Empat Pilar MPR akan lebih efektif bersama kementerian dan lembaga lain. Hasil ini akan terus ditindaklanuti untuk memperkaya materi dan metode sosialisasi Empat Pilar MPR,” tutur Ma’ruf.

Bakohumas berkomitmen untuk bahu-membahu melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News