Marwan: Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Kurang Mampu

Marwan: Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Kurang Mampu
Marwan Jafar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar meminta pemerintah melalui BUMN memberikan vaksin Covid-19 gratis, kepada masyarakat yang secara ekonomi kurang beruntung.

Menurutnya, pemberian vaksin gratis itu tidak hanya kepada rakyat yang terdaftar BPJS Kesehatan, melainkan masyarakat informal yang kurang mampu.

"Tidak hanya yang masuk BPSJ kesehatan, tetapi juga kepada BPJS ketenagakerjaan, penerima Bansos, BLT (bantuan langsung tunai), tukang gorengan, juga termasuk wartawan," kata Marwan saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI DPR dengan Direktur Utama PT Bio Farma Honesty Basyir, Kamis (10/9).

Dia menegaskan pemberian vaksin Covid-19 secara gratis kepada masyarakat kurang mampu, merupakan bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah pandemi corona.

“Itu membuktikan bahwa negara harus hadir. Jadi penekanan saya soal keberpihakan kepada masyarakat yang kurang beruntung,"  ujar mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu.

Menurut Marwan, pemerintah juga harus transparan terhadap keselamatan masyarakat di dalam mengonsumsi vaksin tersebut.  

"Lalu soal keselamatan, kalau ada masalah harus transparan dan harus diumumkan kepada publik,” jelasnya. 

Di samping itu, kata Marwan, BUMN farmasi juga harus mengantisipasi kekuatan produksi vaksin tersebut.

Marwan Jafar meminta pemerintah menggratiskan pemberian vaksin Covid-19 ke masyarakat, tidak hanya yang terdaftar di BPJS Kesehatan tetapi semua lapisan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News