Marwan: Mengurus Desa Seperti Makan Durian

Marwan: Mengurus Desa Seperti Makan Durian
Petani di desa. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengibaratkan, mengurus desa seperti makan buah durian. Agar bisa memeroleh hal yang manis, maka harus siap menghadapi duri-duri yang ada dan  harus memahami cara yang tepat untuk bisa mengatasinya.

"‎Makan durian itu tidak jauh berbeda dengan mengurus desa. Awalnya banyak durinya tapi setelah terbuka baru terasa manisnya," ujar Marwan saat mengunjungi stan penjual durian yang banyak berderet di depan Kantor Kementerian DPDTT, Selasa (23/2).

Menurut Marwan, memeroleh amanah sebagai menteri yang secara khusus mengurus desa bukanlah tugas yang mudah. Apalagi jabatan tersebut baru pertama kali ini ada di Indonesia. 

Namun, optimisme dan tekad yang kuat membawanya terus berjuang mengurai berbagai permasalahan di desa.

"Awalnya banyak yang pesimis, tapi kalau diurus secara serius, ternyata bisa diurai satu persatu," ujar Marwan.

‎Sementara itu terkait buah durian, Marwan menilai bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi terbukti, rasa dan aroma durian dari tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia, memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Karena itu layaka dipromosikan hingga go internasional.

"Contohnya seperti di sini (stan durian di depan kantor Kementerian DPDTT,red), ada durian dari ‎Jepara, Medan dan Bogor. Ini layak untuk dipromosikan," ujar Marwan.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News