Marzuki Anggap Malaysia Tak Perlu Dikerasi

Marzuki Anggap Malaysia Tak Perlu Dikerasi
Marzuki Anggap Malaysia Tak Perlu Dikerasi
JAKARTA - Ketua DPR RI, Marzuki Alie, mendesak pemerintah bersikap tegas terhadap Malaysia yang beberapa waktu belakangan ini cukup merepotkan Indonesia. Marzuki mencatat bahwa kasus insiden penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia oleh Polisi Diraja Malaysia di perairan Kepulauan Riau, harus disikapi dengan tegas.

"Jika pemerintah tidak tegas, kejadian serupa pasti terulang," kata Marzuki Alie, saat berpidato dalam Rapat Paripurna IV Masa Sidang I Tahun Sidang 2010-2011, di DPR Senayan Jakarta, Senin (30/8).

Menurutnya, ada tiga masalah mendasar terkait memanasnya hubungan Indonesia dengan Malaysia. Pertama soal perbatasan, kedua Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dan ketiga tentang adanya sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terancam hukuman mati. "Tiga isu pokok tersebut sudah dibahas dengan pemerintah," jelas Marzuki Alie.

Karena sudah adanya pembicaraan dan kesepakatan terhadap langkah-langkah apa yang akan diambil pemerintah, Marzuki menghimbau agar masyarakat Indonesia bisa lebih tenang dan rasional menghadapi Malaysia. "Kita tidak perlu merasa inferior terhadap Malaysia dengan menunjukkan jati-diri sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat," ujar mantan Sekjen Demokrat itu.

JAKARTA - Ketua DPR RI, Marzuki Alie, mendesak pemerintah bersikap tegas terhadap Malaysia yang beberapa waktu belakangan ini cukup merepotkan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News