Mas Ibas Berharap Para Tokoh Ciptakan Suasana Kondusif Demi NKRI

Mas Ibas Berharap Para Tokoh Ciptakan Suasana Kondusif Demi NKRI
Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, TRENGGALEK - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono meminta seluruh elemen bangsa bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Pria yang karib disapa Ibas itu menegaskan, salah satu upayanya adalah dengan tidak memperuncing isu suku, agama, ras dan antargolongan yang belakangan muncul seiring perhelatan pemilihan gubernur DKI Jakarta.

"Saya kira kuncinya ada di tokoh-tokoh yang menjadi figur publik untuk menciptakan suasana yang kondusif dan bukannya malah memprovokasi isu yang bisa membingungkan umat," kata Ibas dalam siaran persnya, Selasa (16/5).

Hal itu dikatakan Ibas usai sosialisasi empat pilar kebangsaaan di gedung serba guna di Kelurahan Sumbergedong, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Senin (15/5).

Putra Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengaku sempat prihatin dengan prokontra yang muncul belakangan ini.

Sebab, Ibas menilai sudah terkesan semakin gaduh dan berpotensi mencoreng akar persatuan dan kesatuan bangsa yakni NKRI.

Menurut Ibas, seharusnya semua tetap berada dalam koridor hukum. Bukan malah menggelinding liar akibat analisis serta pemaknaan tokoh-tokoh politik maupun keagamaan yang kemudian disikapi keliru oleh masyarakat di akar rumput.

"Saya tidak mengatakan pemahaman pilar kebangsaan kita ada yang salah. Tapi isu sensitif seperti ini sebaiknya disikapi secara arif dan bijak," kata anggota Komisi X DPR ini.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono meminta seluruh elemen bangsa bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News