Mas Nadiem Minta Pejabat Kemendikbud Tingkatkan Kompetensi

Mas Nadiem Minta Pejabat Kemendikbud Tingkatkan Kompetensi
Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II angkatan 6 tahun 2021. Foto Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbud Nadiem Makarim meminta para pejabat mengembangkan kompetensinya untuk menghadapi tantangan global megatrends.

Menurutnya, saat ini terjadi perubahan besar pada bidang ekonomi, sosial, politik, geostrategi, dan teknologi yang akan berdampak terhadap kebutuhan dan struktur pasar energi global.

Oleh karena itu, kata Nadiem, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah membekali para pejabat pimpinan tinggi pratama (JPT) dengan kompetensi kepemimpinan strategis. 

"Dibutuhkan pemimpin yang mampu memberikan arah dan inspirasi dalam melaksanakan visi, misi organisasi, dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi,” jelas Nadiem saat memberikan sambutan di Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II angkatan 6 tahun 2021, Selasa (23/3). 

Pelatihan ini, lanjutnya, bertujuan mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial JPT Pratama. 

Nadiem meminta para pemimpin strategis mengantisipasi perubahan di lingkungan eksternal organisasi dan bisa memengaruhi kinerja organisasinya dengan baik. 

Menurutnya, pemimpin harus mampu bersaing dan membangun kompetensi, mengevaluasi implementasi dan membuat penyesuaian secara strategis, dan menjadi komunikator yang efektif.

"Bangun tim kerja yang efektif, efisien, dan memotivasi, agar mampu menentukan tujuan prioritas yang tepat," ujarnya.

Mendikbud Nadiem Makarim meminta para pejabat kemendikbud harus meningkatkan kompetensinya menghadapi tantangan global megatrends

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News