Mas Tjahjo Merasa Ikut Bersalah

Mas Tjahjo Merasa Ikut Bersalah
Bupati Klaten Sri Hartini usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12). Sri menjadi tersangka dan ditahan di Rutan KPK terkait kasus suap promosi dan mutasi jabatan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Klaten. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Bupati Klaten Sri Hartini terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jumlah kepala daerah yang terjerat kasus korupsi pun bertambah.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bahkan turut merasa bersalah atas fenomena tersebut.

’’Saya ikut merasa bersalah, sedih, dan prihatin. Kepala daerah dan jajarannya adalah keluarga besar saya,’’ kata Tjahjo.

Karena itu, dia kembali mengingatkan kepala daerah agar tidak terlalu ambisius dan memanfaatkan kekuasaan demi kepentingan pribadi maupun kelompoknya.

Menurut Tjahjo, begitu banyak pejabat pusat dan daerah, termasuk DPRD, yang menjadi tersangka.

Hingga Agustus 2016, catatan KPK menyebutkan bahwa 361 kepala daerah tersangkut kasus korupsi.

Berdasar angka itu, sebagian besar kasus korupsi kepala daerah tersebut ditangani KPK. Hanya sekitar 50 di antara jumlah tersebut yang diproses kepolisian.

’’Kalau OTT tersangka, KPK pasti punya alat bukti lengkap, khususnya korupsi dan pungli,’’ ujarnya.

JPNN.com - Bupati Klaten Sri Hartini terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jumlah kepala daerah yang terjerat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News