Mas Umam Ungkap Kekuatan Ganjar-Mahfud MD, Singgung Kejadian 2019

Mas Umam Ungkap Kekuatan Ganjar-Mahfud MD, Singgung Kejadian 2019
Menko Polhukam Mahfud MD ditetapkan menjadi bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2023, resmi menetapkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Menanggapi penetapan pasangan Ganjar-Mahfud MD, Pengamat Politik Ahmad Khoirul Umam menilai Mahfud MD bakal memperkuat mesin politik PDI Perjuangan.

"Penentuan Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo akan memperkuat mesin politik PDIP dan Capres Ganjar Pranowo," kata Khoirul Umam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) itu menjelaskan penentuan nama Mahfud MD, mempertegas keyakinan PDIP selama ini, bahwa mesin politik PDIP bisa optimal jika mesin politik nasionalisnya disandingkan dengan representasi kekuatan politik islam moderat.

"Figur Mahfud MD merepresentasikan kekuatan politik Nahdiyin," kata Umam.

Menurutnya, meskipun nama Mahfud MD pernah dipertanyakan kadar ke-NU-annya jelang Pilpres 2019 lalu, tetepi tokoh kelahiran Sampang itu termasuk figur yang telaten memelihara silaturahmi dengan para kiai sepuh, para santri, dan jaringan pesantren di nusantara.

Selain itu, kuatnya komitmen Mahfud MD terhadap isu-isu penegakan hukum, tidak hanya bisa membantu Ganjar untuk mengonsolidasikan basis kekuatan politik santri di Jawa dan Madura, tetapi, juga bisa mengambil ceruk pemilih yang berasal dari segmen masyarakat terdidik perkotaan yang memiliki literasi politik yang memadai.

Dosen Universitas Paramadina itu menyatakan Mahfud MD memiliki pengalaman paripurna dalam praktik pemerintahan.

Anda pengin tahu kekuatan pasangan Ganjar-Mahfud MD pada Pilpres 2024? Simak ulasan dari Mas Umam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News