Masak di Pinggir Pantai Kastela, Istri Anies Ajak Ibu-Ibu Lestarikan Tradisi Kuliner

Masak di Pinggir Pantai Kastela, Istri Anies Ajak Ibu-Ibu Lestarikan Tradisi Kuliner
Istri Capres Anies Baswedan, Fery Farhati memasak bersama warga setempat di Pantai Kastela, Ternate, Maluku Utara, Jumat (26/1/2024). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, TERNATE - Istri Capres Anies Baswedan, Fery Farhati melakukan kunjungan di Tidore dan Ternate selama dua hari 25-26 Januari 2024.

Di sela-sela kunjungannya itu, Fery menyempatkan diri untuk bertemu ibu-ibu sembari memasak makanan khas Ternate di Pantai Kastela, Kota Ternate, Ternate, Maluku Utara, Kamis, 25 Januari 2024.

Sembari melihat keindahan Pantai Kastela, Fery bersama ibu-ibu memasak ikan fufu garo rica.

Ikan Fufu ini terbuat dari bahan dasar ikan, biasanya masyarakat Ternate menggunakan ikan cakalang, ikan tuna, dan ikan tongkol.

Karena aromanya yang khas dan rasanya yang legit, Ikan Fufu pun sangat digandrungi oleh masyarakat Maluku Utara. Dinamakan Ikan Fufu karena diambil dari bahasa keseharian daerah Maluku Utara itu sendiri yakni fufu yang artinya asap.

Selain memasak Ikan Fufu, ada sejumlah menu yang dia masak yaitu ubi santan, pisang rebus, kangkung tumis, dan dabu-dabu manta. Tak lupa, Fery dan ibu-ibu juga membuat minuman dari rempah-rempah.

Lulusan Psikologi Univeristas Gadjah Mada ini mengajak ibu-ibu di seluruh Indonesia untuk melestarikan makanan khas Indonesia dengan gerakan #kembalikedapur.

"Indonesia punya begitu banyak pangan lokal yang harus dijaga. Kita harus bersama-sama ajak para Ibu untuk #kembalikedapur, melestarikan makanan khas daerah di meja-meja makan keluarga masing-masing agar terus diingat oleh anak cucu kita," tutur Fery.

Sembari melihat keindahan Pantai Kastela, istri Anies Baswedan bersama ibu-ibu memasak ikan fufu garo rica

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News