Masih Ingat Gombloh?

Masih Ingat Gombloh?
Gombloh. Foto: Repro buku Surabaya Punya Cerita.

jpnn.com - NAMANYA melambung seiring meledaknya lagu, “di radio…aku dengar lagu kesayanganmu...” yang tercatat sebagai album kaset terlaris pada 1986.  Gombloh anggota gengster Surabaya yang dekat dengan perempuan malam.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Gombloh kelas 2 SMA ketika peristiwa G30S 1965 meletus.

Masa itu namanya sudah beken sebagai penyanyi jalanan, setidaknya di kalangan muda-mudi Surabaya. Dia sering diundang manggung di acara ulang tahun, pentas seni hingga perpisahan sekolah.

Meski banyak obyekan, uangnya ludes begitu saja. “Kalau punya uang, ia langsung mentraktir atau pun membantu teman-temannya hingga uang itu habis. Ia tak berpikir besok akan bagaimana,” tulis Dhahana Adi dalam Surabaya Punya Cerita vol I.

Hidup di jalanan, anak juragan ayam ini pun mulai mengenal rokok, minuman keras dan, "banyak menghabiskan waktu dengan perempuan malam," ungkap Dhahana.

Pun demikian, sekolahnya tak terganggu. Lulus SMA, Cak Su--demikian dia dipanggil adik-adiknya--diterima di Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, jurusan arsitektur.

Gengster Surabaya

NAMANYA melambung seiring meledaknya lagu, “di radio…aku dengar lagu kesayanganmu...” yang tercatat sebagai album kaset terlaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News