Masih Yakin Elektabilitas Ahok Bertahan Hingga Hari Pencoblosan?

Masih Yakin Elektabilitas Ahok Bertahan Hingga Hari Pencoblosan?
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama dan staf khususnya, Sunny Tanuwidjaja di Pengadilan Tipikor Jakarta, beberapa waktu lalu saat bersaksi dalam kasus suap perda reklamasi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah lembaga survei mengungkap adanya penurunan elektabilitas Basuki T Purnama alias Ahok di bursa calon gubernur DKI.

Meski elektabilitas Ahok masih tertinggi dibandingkan dua pesaingnya, namun calon incumbent itu justru berpotensi tersingkir pada putaran pertama pilkada DKI yang digelar Februari 2017.

Menurut pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Zaenal A Budiyono, elektabilitas Ahok yang masih tertinggi merupakan hal wajar karena memang sejak awal sudah mendeklarasikan diri untuk maju lagi pada pilkada DKI. Ahok, dari sisi start jelas jauh mendahului dua pesaingnya, Anies Rasyid Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Namun, Zaenal juga memprediksi adanya perubahan perilaku pemilih. Dalam pengamatannya, elektabilitas Ahok bisa saja semakin anjlok saat mendekati hari pencoblosan karena perilaku pemilih yang berubah.

“Akhir September lalu saja arah angin mulai berubah, terutama setelah diketahui dua pasangan lain yang maju,” ujar Zaenal di Jakarta, Rabu (5/10), menanggapi survei-survei terakhir tentang elektabilitas calon gubernur DKI.

Ia menjelaskan, baik Anies Baswedan-Sandiaga Uno maupun Agus Yudhoyono-Sylviana Murni bukanlah duet asal jadi. Anies, kata Zaenal, dianggap sebagai intelektual muda yang lama menggeluti dunia kampus. “Didukung Gerindra dan PKS, ia memiliki potensi (untuk menang, red),” tutur Zaenal.

Sedangkan duet Agus-Sylvi yang diusung Koalisi Cikeas, kata Zaenal, terus mampu memberikan efek kejut bagi pemilih dan media. Tampang Agus yang juga anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono menjadi magnet tersendiri.

Di samping itu, Agus yang berkiprah di TNI dengan pangkat terakhir mayor juga punya sederet prestasi di kemiliteran. “Agus menjadi magnet kuat bagi anak-anak muda generasi milenia,” ulasnya.

JAKARTA - Sejumlah lembaga survei mengungkap adanya penurunan elektabilitas Basuki T Purnama alias Ahok di bursa calon gubernur DKI. Meski elektabilitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News