Masjid Al-Hikmah, Perekat Silaturahmi Umat Islam Indonesia di New York

Jamaah Membeludak, Salad Id Dua Gelombang

Masjid Al-Hikmah, Perekat Silaturahmi Umat Islam Indonesia di New York
Muslim Indonesia di depan masjid Al-Hikmah, New York. Foto : Ridlwan/Jawa Pos
Umat Islam Indonesia yang tinggal di New York memiliki kebanggaan khusus. Mereka memiliki masjid sendiri yang disebut-sebut sebagai satu-satunya masjid umat Islam Indonesia di luar negeri. Masjid Al-Hikmah, di situlah berbagai kegiatan dan silaturahmi warga dilakukan.

   
Ridlwan, New York

"ALLAHU Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar." Alunan takbir menggema dengan lembut di dalam sebuah gedung model persegi panjang. Takbir itu hanya bisa didengar di dalam ruangan karena tak ada speaker yang dipasang di luar atau tepi jalan.

Pagi itu (6/11), sejak pukul 07.00, jamaah berdatangan dari berbagai sudut Kota New York. Sebagian besar membawa anak-anak. Mereka memarkir mobil di jalan yang sempit di perempatan Long Island Avenue.

Jawa Pos dan rombongan Outstanding Student For The World Kementerian Luar Negeri 2011 yang datang pagi itu, disambut ramah oleh takmir masjid, ustad Muhammad Syamsi Ali. Setiap jamaah yang datang diberi tas plastik untuk sepatu dan hanger untuk menggantung jaket. Maklum, suhu udara pagi itu 5 derajat Celsius, sehingga hampir semua yang datang mengenakan jaket tebal atau overcoat.

Umat Islam Indonesia yang tinggal di New York memiliki kebanggaan khusus. Mereka memiliki masjid sendiri yang disebut-sebut sebagai satu-satunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News