Maskapai Dorong Juanda Operasi 24 Jam

Maskapai Dorong Juanda Operasi 24 Jam
Maskapai Dorong Juanda Operasi 24 Jam
SURABAYA - Pelaku usaha di bidang penerbangan meminta agar Bandara Internasional Juanda bisa beroperasi 24 jam. Jam operasi nonstop itu dinilai perlu untuk mendukung pertumbuhan industri penerbangan nasional, khususnya jalur ke wilayah Indonesia timur maupun penerbangan rute internasional.

Direktur Pemasaran dan Distribusi AirAsia Indonesia Widijastoro Nugroho mengatakan, selama ini Bandara Internasional Juanda baru beroperasi antara pukul 05.00 hingga 24.00 atau 19 jam dalam sehari. Berbeda dengan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai yang sudah melayani 24 jam. "Juanda hanya beroperasi 24 jam jika ada kondisi khusus," katanya.

Untuk saat ini, dia menilai potensi jumlah penumpang dan pertumbuhan kota Surabaya sudah bisa dijadikan pertimbangan bagi Bandara Juanda untuk beroperasi 24 jam. Dia mencontohkan, dengan beroperasi 24 jam, di Bali banyak penerbangan dari dan ke Jepang yang berangkat serta tiba pukul 1 dini hari maupun pukul 03.00.

"Secara domestik, dengan operasional 24 jam, maka maskapai penerbangan seperti kami bisa mengatur jadwal dan mengondisikan kru agar tidak bekerja keras hanya pada pukul 05.00 dan 24.00 seperti di Surabaya saat ini," terang dia.

SURABAYA - Pelaku usaha di bidang penerbangan meminta agar Bandara Internasional Juanda bisa beroperasi 24 jam. Jam operasi nonstop itu dinilai perlu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News