Massa NTB Tuntut Resufle Kabinet

Massa NTB Tuntut Resufle Kabinet
Massa NTB Tuntut Resufle Kabinet
MATARAM -- Susunan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid kedua, terus menuai protes dari masyarakat daerah. Setelah sebelumnya ada aksi mahasiswa di Maluku lantaran tidak ada menteri dari daerah tersebut, kini aksi serupa terjadi di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Massa aksi yang terdiri dari sejumlah LSM, OKP, dan ormas itu menyampaikan aspirasinya dengan mendatangi kantor DPRD NTB, kemarin. Dengan lantang, orasi-orasi yang disampaikan para aktivisnya berisi desakan agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresufle kabinet yang baru saja dilantik pekan lalu. Perombakan kabinet ini selanjutnya memasukkan tokoh asal NTB untuk dijadikan anggota KIB. Bila tidak, ancam mereka, NTB akan keluar dari NKRI.

Koordinator Koalisi LSM, OKP dan Ormas NTB Bion Hidayat mengatakan, susunan KIB jilid kedua sama sekali tidak merepresentasikan keterwakilan daerah. Dia menilai, komposisi kabinet lebih merupakan hasil dari konspirasi politik.

Menurutnya, dalam menyusun kabinet, SBY sama sekali tidak memperhitungkan sumbangan rakyat NTB dalam pilpres lalu. "Daerah-daerah yang merupakan lumbung suara SBY mendapatkan jatah menteri dua hingga tiga orang. Tapi khusus NTB, dimana pada Pilpres lalu SBY memperoleh 81 persen suara, ternyata  tidak memperoleh satupun jatah menteri. Bali saja yang justru suara SBY kalah dari pasangan Mega-Prabowo, mendapat jatah satu menteri. Jelas ini tidak adil," bebernya.

MATARAM -- Susunan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid kedua, terus menuai protes dari masyarakat daerah. Setelah sebelumnya ada aksi mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News