Masuk Daftar Orang Terkaya Kok Gak Punya NPWP?

Masuk Daftar Orang Terkaya Kok Gak Punya NPWP?
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan di DPR, Darmadi Durianto mempertanyakan delapan konglomerat yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia, tapi tak memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Menurutnya, itu sangat mengusik rasa keadilan masyarakat.

Ini disampaikan Anggota Komisi VI DPR tersebut, menanggapi pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengungkap ada delapan orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes dan Globe Asia tidak memiliki NPWP.

“Mereka harus tahu diri. Masuk dalam satu persen kelompok yang menguasai 50,3 persen kekayaan Indonesia, masa tidak punya NPWP?” ujar Darmadi di kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (15/12).

Dia menilai ironis karena sekitar dua pertiga kekayaan yang dikuasai orang kaya Indonesia diperoleh karena kedekatannya dengan penguasa.

Berdasarkan Crony-Capitalism Index, Indonesia menduduki peringkat ketujuh.

“Makanya banyak saudagar yang menyelinap masuk ke dalam kekuasaan, sehingga kenikmatan berbisnisnya terlindungi," ujar Bendahara Umum Megawati Institute ini.

Karena itu, Darmadi mengingatkan Presiden Joko Widodo berhati-hati terhadap kelompok ini.

JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan di DPR, Darmadi Durianto mempertanyakan delapan konglomerat yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia, tapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News