Masyarakat Tak Percaya Minum Air Galon Isi Ulang Bisa Bikin Mandul: Itu Hoaks

Masyarakat Tak Percaya Minum Air Galon Isi Ulang Bisa Bikin Mandul: Itu Hoaks
Seorang warga membawa galon isi ulang kosong. Foto ilustrasi: Dok Komunitas pengusaha AMDK untuk JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Isu mengonsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang bisa menggangu kesehatan dan kemandulan beredar liar belakangan Ini. Kabar bohong tersebut kerap dilancarkan oknum tidak bertanggung jawab.

Masyarakat ternyata tidak termakan dengan kabar bohong yang dilontarkan tersebut. Mereka meminta agar semua pihak berhenti menyebarkan informasi yang tidak jelas.

Seperti Rina Destiana (28) yang mengaku telah mengonsumsi AMDK galon guna ulang sudah berpuluh-puluh tahun lalu. Dia mengungkapkan kalau selama itu pula hingga kini, dirinya dan keluarga tidak pernah mengalami gangguan kesehatan apapun, apalagi kehamilan.

"Enggak percaya (air galon guna ulang sebabkan kemandulan) buktinya saya hamil. Saya sih berpikir hoaks aja sih itu," kata wanita yang sedang mengandung anak pertama ini di Jakarta.

Dia mengungkapkan, keluarganya biasa menghabiskan 2 galon setiap minggu. Dia melanjutkan bahwa dalam setiap konsultasi ke dokter, tidak ditemukan masalah sekecil apa pun pada bayinya. Menurutnya, isu galon guna ulang menyebabkan kemandulan sengaja dimunculkan untuk menjatuhkan produk tertentu.

"Ya. Saya menganggap itu hoaks saja, ingin menjatuhkan air Aqua, bisa jadi kan?" kata warga Jakarta Selatan ini.

Begitu juga dengan Imayanti yang bisa menghabiskan 3 air galon guna ulang setiap minggu. Wanita 37 tahun itu tidak percaya bahwa air galon guna ulang bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia.

"Enggak percaya saya, dari awal kehamilan minum sampai sekarang enggak ada masalah," kata ibu tiga anak ini.

Isu mengonsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang bisa menggangu kesehatan dan kemandulan beredar liar belakangan Ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News