Masyarakat Wajib Waspada soal Varian Omicron, Ini Sebabnya

Masyarakat Wajib Waspada soal Varian Omicron, Ini Sebabnya
Politikus PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak menanggapi perkembangan varian baru Covid-19, Omicron, yang mulai meresahkan masyarakat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak menanggapi perkembangan varian baru Covid-19, Omicron, yang mulai meresahkan masyarakat.

Gilbert mengatakan varian baru tersebut bisa menulari warga yang sudah divaksinasi.

"Keganasan virus Covid-19 varian Omicron belum diketahui, juga gejala klinisnya belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi virus ini tetap bisa menulari orang yang sudah divaksinasi," kata pria yang juga seorang epidemiolog itu, Minggu (28/11).

Gilbert pun meminta pihak rumah sakit menyiapkan peralatan kesehatan sebaik mungkin guna mengantisipasi kasus varian baru itu yang bisa menimbulkan masalah serius.

Anggota DPRD DKI Jakarta itu pun menilai masyarakat saat ini sudah mulai abai menjalankan protokol kesehatan. Hal itu terbukti berdasarkan kasus Covid-19 yang mulai merangkak naik beberapa hari terakhir.

"Saat ini masyarakat sudah mulai abai dengan prokes, sehingga ini harus diantisipasi," ujar mantan Wakil Rektor Akademik UKI itu.

"Tingkat perlindungan vaksin terhadap beratnya kasus, sudah terbukti dengan varian Delta sebelumnya, tetapi data tentang varian Omicron tidak kita ketahui," sambung Gilbert.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan respons cepat atas merebaknya varian Covid-19, Omicron.

Politikus PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak menanggapi perkembangan varian baru Covid-19, Omicron, yang mulai meresahkan masyarakat, simak selengkapnya.