Mata Air di Dalam Goa Seperti Konde pada Rambut, Begini Kisahnya

Mata Air di Dalam Goa Seperti Konde pada Rambut, Begini Kisahnya
Tempat wisata Aer Konde di Kelurahan Wawali Pasan, Ratahan, Tomohon, Sulawesi Utara, mulai ramai dikunjungi. FOTO: Manado Post/JPNN.com

jpnn.com - RATAHAN – Tempat wisata Aer Konde mulai ramai dikunjungi. Lokasinya berada di Kelurahan Wawali Pasan, Ratahan, Tomohon, Sulawesi Utara.

Mengapa dikatakan Aer Konde? Konon katanya, di lokasi tersebut terdapat goa di atas bukit, yang merupakan sumber keluarnya air.

“Di dalam goa, ada mata air yang keluar berbentuk konde pada rambut. Itulah sebabnya lokasi wisata tersebut dikatakan Aer Konde," ungkap Stovel Lengkey, pengunjung Aer Konde seperti dilansir Manado Post (Grup JPNN).

Friska Uguy, salah satu pengunjung mengatakan, di lokasi tersebut baiknya dibangun kamar mandi tempat berganti pakaian. "Lebih baik kalau ada tempat MCK-nya. Sebab, saat ini sudah sangat banyak pengunjung yang datang. Kita tidak bisa berganti pakaian, karena tidak ada fasilitas itu. Apalagi sudah banyak pengunjung. Baik wisatawan lokal, maupun luar daerah,” ungkap Friska.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Berty Wariki mengatakan, pihaknya sudah berencana membangun kamar mandi di Aer Konde. “Memang itu sudah kita rencanakan. Karena tempat wisata tersebut sudah sangat ramai. Namun kita menunggu pelebaran jalan menuju lokasi wisata tersebut," ungkap Wariki.

Sementara itu, Ketua PK KNPI Mitra Noldy Pangkerego mengatakan, dengan mulai ramainya Aer Konde, Disparbud sudah bisa menghasilkan PAD dari lokasi wisata tersebut.

“Asalkan, fasilitas-fasilitas di tempat wisata tersebut sudah lengkap,” katanya.(ctr-14/rof/fri/jpnn)


RATAHAN – Tempat wisata Aer Konde mulai ramai dikunjungi. Lokasinya berada di Kelurahan Wawali Pasan, Ratahan, Tomohon, Sulawesi Utara. Mengapa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News