Matahari Siapkan 13 Hypermart Baru

Matahari Siapkan 13 Hypermart Baru
Matahari Siapkan 13 Hypermart Baru
JAKARTA - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPP) siap menyongsong persaingan ritel modern di kelas hypermarket yang diyakini semakin ketat mulai tahun depan. Mereka pun menyiapkan sedikitnya Rp 750 miliar dana capital expenditure untuk ekspansi gerai Hypermart dalam rangka menyaingi agresivitas kompetitor.

Presiden Direktur MPP Benjamin Mailool mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membangun 13 gerai Hypermart dan dua unit Foodmart (unit ritel milik MPP lainnya di kelas supermarket). Tiap gerai Hypermart akan memakan lahan sekitar 6 ribu meter persegi dan membutuhkan dana Rp 25 miliar sampai Rp 30 miliar.

MPP juga menganggarkan dana perawatan Hypermart yang sudah ada sekitar Rp 150 miliar. Menurut Benjamin, saat ini sudah ada 49 Hypermart dan 25 Foodmart yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia. Tahun ini, Hypermart juga membangun 8 gerai baru, lima di antaranya sudah dibuka dan segera menyusul tiga gerai lainnya." Realisasi investasi pada tahun ini sekitar Rp 500 miliar.

Benjamin mengatakan, MPP memang sedang dalam masa transisi untuk fokus di kelas Hypermarket melalui Hypermart. Keputusan tersebut diambil setelah melepas Matahari Department Store (MDS) belum lama ini, meski MPP masih memegang 27,5 persen saham MDS yang sudah berdiri sejak 1958 itu. "Hypermart memang baru ada 6 tahun. Saat ini memang masih menjadi sleeping giant (raksasa yang sedang tertidur) yang belum dioptimalkan," ujarnya saat berbincang dengan Jawa Pos di Pacific Place, SCBD, kemarin.

JAKARTA - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPP) siap menyongsong persaingan ritel modern di kelas hypermarket yang diyakini semakin ketat mulai tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News