Matangkan Skema 4-2-3-1 dan Fokus Antisipasi Bola Udara

Matangkan Skema 4-2-3-1 dan Fokus Antisipasi Bola Udara
Persiba Balikpapan saat jalani sesi latihan. Foto: kaltimpost/jpg

jpnn.com - jpnn.com - Pelatih Persiba Balikpapan tengah menyiapkan materi latihan ekstra jelang bentrok Persib Bandung di laga kedua Piala Presiden 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Minggu (12/2) nanti.

Selain mematangkan skema baru 4-2-3-1, Absor Fauzi dan kawan-kawan juga diminta fokus dalam menggalang pertahanan. Terutama mengantisipasi bola-bola udara, baik dari crossing sayap maupun set piece.

Banyaknya pemain Maung Bandung—julukan Persib yang kuat dalam duel udara, jadi salah satu alasan. Di skuad Persib, memang banyak pemain dengan postur mumpuni.

Seperti striker naturalisasi Sergio van Dijk dan stopper Vladimir Vujovic yang sering membantu serangan ketika ada peluang dari set piece. Vujovic bahkan sering mencetak gol pemecah kebuntuan. Contohnya saat mengalahkan PSM Makassar di laga perdana, dengan skor 1-0.

Apalagi, pemain lini kedua Maung Bandung punya akurasi umpan yang apik dan selalu memanjakan para striker. Seperti yang kerap ditunjukkan Erick Weeks Lewis.

“Untuk beberapa hari ke depan, kami memang akan fokus mengantisipasi bola-bola atas. Pemain Persib punya keunggulan itu, jadi kami harus bisa meredamnya,” kata Asisten Pelatih Persiba Haryadi, Rabu (8/2) kemarin.

Mantan juru taktik Persiba di Indonesia Super League (ISL) 2010-2012 ini menambahkan, peningkatan fisik juga jadi perhatian. Ini dinilai penting guna meladeni mobilitas tinggi yang kerap disajikan gelandang lawan. Menghadirkan double pivot di lini tengah dirasa kurang ketika para pemain tidak punya fisik memuaskan.

“Peningkatan fisik sudah kami mulai hari ini (kemarin, Red). Pelatih kepala (Timo Scheunemann, Red) sudah menerapkan latihan berat kepada pemain. Latihan dimulai pukul 09.00 sampai 11.00,” terang Haryadi. (ndu/is/k18)


 Pelatih Persiba Balikpapan tengah menyiapkan materi latihan ekstra jelang bentrok Persib Bandung di laga kedua Piala Presiden 2017 di Stadion


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News