Mau Hindari Macet? Tolong Ikuti Imbauan Kakorlantas Polri Ini

Mau Hindari Macet? Tolong Ikuti Imbauan Kakorlantas Polri Ini
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - ‎Tol Pejagan-Brebes Timur disinyalir merupakan jalur neraka pada arus mudik 2016. Kemacetan dan meningkatnya angka kematian, mewarnai permasalahan yang harus dievaluasi pemerintah Indonesia.

Kakorlantas ‎Polri Irjen Agung Budi Maryoto mengaku enggan mencari Kambing Hitam siapa yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Namun, menurutnya, pihak Korlantas sudah bekerja maksimal.

"Saya tidak mau menyalahkan orang. Lebih baik bagi saya kekurangan di situ saya perbaiki. Kami lakukan evaluasi dan semoga hasilnya maksimal," ujar Agung saat dikonfirmasi, Sabtu (9/7).

Agung memaparkan, ‎peristiwa yang terjadi di tol Brexit kemarin, tidak bisa dijadikan patokan bahwa pihaknya tidak bekerja maksimal. Sebab, jalur pemudik lainnya, saat itu terpantau lancar.

"Kecuali total semua oke. Seperti begini, kemarin di Nagreg sudah kami lakukan rekayasa lalu lintas. Tetapi masyarakat dari Subang masuk lagi. Sedangkan ‎yang memilih Nagreg, aman dia, hanya kena sebentar di Limbangan," kata Agung.

Agung melanjutkan, keinginan masyarakat menggunakan tol baru, yakni Brexit s‎angat antusias. Sebelum tol Brexit jadi, pemudik memilih jalur Selatan atau Brebes Barat. Namun, setelah tol Brexit ada, ‎pemudik memilih tol Brexit yang belum memenuhi sarana dan prasarana.

"Kami punya data dibanding tahun lain pada periode sama lebih banyak 39 persen dibanding tahun kemarin. Itu artinya masyarakat memilih lewat situ jadi yang selatan berkurang ini jadi bahan evaluasi. Infrastruktur itu bukan tol sebenarnya. Perlintasannya kecil tetapi digunakan masyarakat semuanya pingin lewat situ. Sekarang sudah kami sekat-sekat sampai Brebes Barat, Pejagan Kanci," terang Agung.

Agung mengatakan evaluasi dari kemacetan mudik kemarin memiliki banyak faktor. "Infrastruktur perbaikan jembatan belum selesai dipaksa selesai. Kemudian palang kereta api tidak bisa diganggu gugat 20 menit berhenti kita ikuti itu," imbuhnya.

JAKARTA - ‎Tol Pejagan-Brebes Timur disinyalir merupakan jalur neraka pada arus mudik 2016. Kemacetan dan meningkatnya angka kematian, mewarnai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News