Mau Jadi Politikus Sejati? Belajarlah pada Jokowi-Prabowo

Mau Jadi Politikus Sejati? Belajarlah pada Jokowi-Prabowo
Maruarar Sirait. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto adalah sosok negarawan sejati. Keduanya berbeda secara politik, tetapi bersatu ketika menyangkut urusan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena itu jika ingin menjadi politikus yang andal, belajarlah dari kedua tokoh bangsa itu.

Hal itu dikatakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Maruarar Sirait di hadapan peserta Sekolah Pemimpin Nasional ICMI Angkatan I yang bekerja sama dengan Qodari School of Politics (QSP) di Jakarta, Jumat (9/12).

Hadir sebagai pembicara politikus Partai Golkar, M Misbhakun dan Muhammad Qodari sebagai Ketua Sekolah Politik Nasional (SPN) ICMI.

Di hadapan para peserta sekolah pemimpin nasional, Maruarar menuturkan pengalaman bagaimana menjadi anggota legislatif yang andal dan berkualitas.

"Saya mencalonkan diri sebagai anggota DPR dapil Subang, Majalengka, dan Sumedang. Saya berasal dari Sumatera Utara tetapi dapat diterima di dapil Jawa Barat selama tiga periode dan mendapatkan suara terbanyak,” katanya.

Ara, begitu ia disapa, memberi tips kepada para peserta sekolah kepemimpinan bahwa kalau menjadi politikus harus punya grass root yang kuat. "Kalau enggak punya grassroot itu namanya politisi salon," katanya.

Ara lebih jauh mengatakan, jika sudah terpilih menjadi anggota DPR, jangan lupa merawat grass root, terutama anak muda.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto adalah sosok negarawan sejati. Keduanya berbeda secara politik, tetapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News