Mau Lanjut Studi, Ini Tip dari Tasya

Mau Lanjut Studi, Ini Tip dari Tasya
Tasya saat membagikan tip mendapatkan beasiswa. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Aktris dan penyanyi Tasya Kamila membagikan tip mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) kemarin (12/12).

Ya, pemilik nama lengkap Shafa Tasya Kamila itu memang baru saja menyandang gelar magister. Dia berhasil menyelesaikan kuliah S-2 di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University, New York. Tidak hanya itu, sosok yang dikenal sebagai penyanyi cilik tersebut kuliah dengan beasiswa full funded dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

"Semua keperluan kuliah dibiayai. Setiap bulan juga diberi biaya hidup. Jumlahnya cukup besar memang. Tapi, ini semua adalah uang negara yang nanti harus kita kembalikan dalam bentuk pengabdian," ujar Tasya di hadapan ratusan mahasiswa UINSA kemarin.

Lantas, Tasya bertanya kepada para peserta. Ada yang mau lanjut kuliah di luar negeri gratis? Dengan kompak mereka menjawab mau. Untuk bisa mendapatkan beasiswa, tentu harus ada niat. "Banyak yang habis lulus S-1 tidak mau lanjut. Harus semangat untuk menuntut ilmu lagi," katanya.

Jika sudah ada niat, barulah berusaha mencari pilihan beasiswa. Menurut Tasya, sumber beasiswa cukup banyak. Ada yang berasal dari swasta maupun pemerintah. Semuanya patut dicoba. Setelah itu, yang tak kalah penting adalah menentukan kampus tujuan. "Pelajari terus persyaratan apa saja yang diminta kampus. Lalu, berusaha sebaik mungkin untuk melengkapinya," imbuhnya.

Setelah diterima, imbuh Tasya, barulah perjuangan itu dimulai. Saat berkuliah di negeri orang, tentu dibutuhkan adaptasi. Proses itulah yang memerlukan banyak waktu. Namun, jika tekad belajar sudah bulat, halangan apa pun pasti mudah untuk dilalui. (din/c6/ady) 


Semua keperluan kuliah dibiayai. Setiap bulan juga diberi biaya hidup. Jumlahnya cukup besar memang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News