Mau Magang di Luar Negeri? Simak Kabar Gembira dari Menaker Ida

Mau Magang di Luar Negeri? Simak Kabar Gembira dari Menaker Ida
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri di Hotel Mercure Samarinda, Senin (11/10). Foto: Kemnaker

jpnn.com, SAMARINDA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah secara resmi membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri di Hotel Mercure Samarinda, Senin (11/10).

Dia menyampaikan pemerintah melalui Kemnaker terus berupaya menekan pengangguran di tanah air, salah satunya melalui program pemagangan.

"Kami punya keinginan pengangguran bisa ditekan, salah satu alternatifnya adalah melalui pemagangan," ucap Menaker Ida.

Dia menjelaskan pemagangan merupakan bagian dari proses pelatihan dengan menempatkan peserta di perusahaan, sehingga mereka bisa merasakan situasi dan suasana bekerja.

"Jadi pemagangan itu bagian dari pelatihan. Pemagangan bukan untuk mendapatkan tenaga kerja murah secara terselubung. Pemagangan adalah bagian dari proses pelatihan," ucapnya.

Menaker Ida menyebutkan pemagangan luar negeri, khususnya ke Jepang sudah berlangsung sejak 1993 dan hingga saat ini peserta yang sudah dikirim ke Jepang sudah mencapai 85.415 orang peserta.

Menurutnya, banyak mantan peserta yang mengikuti pemagangan di Jepang kemudian menjadi pengusaha sukses atau diterima dunia usaha, baik di Jepang sendiri maupun di dalam negeri.

"Mereka mulai dari pemagangan, kemudian bisa menjadi pekerja. Ada yang (kini) miliki pekerja sampe 500. Banyak sekali lah dari usaha kecil sampai skala menengah," beber Menaker Ida.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan kabar gembira saat membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri di Hotel Mercure Samarinda, Senin (11/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News