Mau Mudik? Cek Kondisi Ban Mobil, Hal Sepele Ini Jangan Sampai Dilakukan

Mau Mudik? Cek Kondisi Ban Mobil, Hal Sepele Ini Jangan Sampai Dilakukan
ilustrasi. Mau mudik? Cek kondisi ban mobil. Foto: Automotive

jpnn.com, JAKARTA - Cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pengguna kendaraan, terutama mobil pribadi, saat bepergian jauh.

Kondisi tersebut tentu menuntut pemilik mobil harus lebih aktif mengecek seluruh bagian kendaraan, terlebih bagian ban yang menjadi poin penting di kala cuaca tidak menentu.

"Keselamatan kendaraan sangat penting, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik Lebaran. Memastikan ban dalam kondisi baik dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan kenyamanan berkendara,” kata Product Marketing Manager PT. Michelin Indonesia, M. Fachrul Rozi dalam keterangannya, Selasa.

Menurut dia, ban merupakan komponen utama yang langsung berhadapan dengan permukaan jalan.

Oleh karena itu, memastikan kondisi ban yang optimal sangat penting agar perjalanan mudik senantiasa aman, lancar, dan nyaman.

Guna merawat ban agar tidak memberikan efek yang buruk kepada para penggunanya, mereka bisa menghindari lokasi parkir yang langsung terpapar dengan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, mobil yang digunakan untuk perjalanan jauh tidak disarankan menggunakan semir ban yang berbahan dasar minyak, karena dapat mempercepat penuaan karet.

 

Cuaca tidak menentu menuntut pemilik mobil harus lebih aktif mengecek seluruh bagian kendaraan, terlebih bagian ban yang menjadi poin penting saat mudik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News