Mau Tahu Isi Pulau Surya Paloh? Ini Kata Bupati

Mau Tahu Isi Pulau Surya Paloh? Ini Kata Bupati
Surya Paloh. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Pulau Kalu Age yang merupakan milik Surya Paloh di Kepulauan Seribu mencuat dalam beberapa waktu belakangan. Setelah sempat disegel pemerintah daerah Kepulauan Seribu, kini kembali dibuka. Bupati Pulau Seribu Budi Utomo menyatakan, hanya ada sebuah bangunan untuk peristirahatan di pulau milik Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. 

"Enggak ada apa-apa. Cuma bangunan saja buat peristirahatan, kayak villa kalau di daratan," kata Budi saat dihubungi, Jumat (30/10).

Budi mengatakan, sebuah pulau memang bisa dibeli oleh masyarakat. "Yang namanya pulau-pulau itu kan ada yang namanya hak girik bagi masyarakat yang diperjualbelikan, penguasaan pulau. Itu harus melalui izin gubernur, namanya SIPPT (Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah)," ucapnya.

Meski telah dibeli seseorang, Budi menyatakan, pulau tersebut masih bisa dikunjungi oleh masyarakat. ‎Sebab, ada ketentuan sebanyak 40 persen wilayah pulau yang dimiliki bisa diakses publik.

"‎Kalau bersantai di pantai boleh, kan milik publik. Kalau masuk properti pelanggaran. Sama saja kayak kalau punya villa, nanti bisa dikira maling," ujar Budi. 

Budi mengaku, tidak mengetahui harga pulau milik Surya. "Hitungan itu di Dinas Pajak," ‎ungkapnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Pulau Kalu Age yang merupakan milik Surya Paloh di Kepulauan Seribu mencuat dalam beberapa waktu belakangan. Setelah sempat disegel pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News