Pergub Unjuk Rasa Harusnya Dibuat Perda

Pergub Unjuk Rasa Harusnya Dibuat Perda
Triwisaksana/ dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 228 Tahun 2015 pada 28 Oktober 2015 mengenai Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum Pada Ruang Terbuka. Isinya salah satunya mengenai penetapan lokasi dan waktu unjuk rasa di Jakarta.

‎Namun, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana menyebut, aturan soal unjuk rasa harusnya dibuat peraturan daerah (perda). Sebab, hal itu menyangkut banyak aspek.

"Karena itu berkaitan dengan ajang‎ menyampaikan demokrasi, saya rasa yang paling tepat itu peraturan daerah. Karena menyangkut banyak aspek, keamanan, aspirasi, dan aspek lainnya," kata Sani, sapaan Triwisaksana, di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (30/10).

Sani menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengusulkan soal unjuk rasa itu kepada DPRD DKI dalam bentuk Perda. Ia pun yaki‎n Perda tersebut akan disetujui.

"Saya kira itu Perdanya akan cepat disetujui karena menyangkut bersama kan,"‎ ucap politikus PKS ini.

‎Menurut Sani, pergub mengenai unjuk rasa itu harus dikaji lebih lanjut dari berbagai macam aspek. Sehingga, adanya peraturan tersebut tidak membuat masyarakat merasa dibatasi untuk menyampaikan aspirasi.

"Ya makanya itu perlu dikaji lebih lanjut dari aspek politik, keamanan, dan sebagainya,"‎ ujar Sani.

Seperti diketahui, lokasi yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai tempat penyampaian pendapat di muka umum pada ruang terbuka hanya di Parkir Timur Senayan, alun-alun demokrasi DPR/MPR, dan Silang Selatan Monumen Nasional. Sementara, penyampaian pendapat di muka umum pada ruang terbuka dilaksanakan dalam kurun waktu pukul 06.00-18.00 WIB.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 228 Tahun 2015 pada 28 Oktober 2015 mengenai Pengendalian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News