Mau Tahu Jumlah Hiu yang Diekspor? Ini Datanya

Mau Tahu Jumlah Hiu yang Diekspor? Ini Datanya
Ilustrasi. Foto: Prokal/JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Sebanyak 70 ekor ikan hiu jenis tokek masih diamankan Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Kelas II Tarakan.

Puluhan ekor hiu tersebut merupakan hasil penertiban beberapa pekan lalu.

Kepala Bidang Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan Berau Yunda Zuliarsih menyebut, sudah ada 223 ekor hiu asal Berau yang diekspor ke luar negeri sejak Agustus 2016 hingga Februari 2017/

“Tingginya perburuan hiu ini, karena hiu yang mereka tangkap adalah golongan langka dan hanya ditemukan di perairan Berau. Ini yang tidak dapat didiamkan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/3).

Pihaknya telah meminta SKIPM Tarakan mengembalikan puluhan ekor hiu yang mereka amankan ke perairan Derawan dan Maratua.

Di sisi lain, pihaknya tengah mempercepat penyusunan draf rancangan peraturan daerah (raperda) terkait larangan perburuan hiu di perairan Berau.

Selain itu, perusahaan yang sudah melakukan penangkapan maupun penampungan diperintahkan untuk segera menghentikan aktivitasnya.

“Sesuai dengan instruksi wabub, kami akan terus melakukan pengawasan terkait proses pengembalian hiu tersebut ke perairan Berau,” pungkasnya. (sin/udi)


Sebanyak 70 ekor ikan hiu jenis tokek masih diamankan Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Kelas II Tarakan.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News