Maudy Ayunda: Kemajuan Teknologi Rugikan Musisi

Maudy Ayunda: Kemajuan Teknologi Rugikan Musisi
Penyanyi Maudy Ayunda saat menghadiri sebuah acara di Jakarta, Rabu (27/4). Foto : Ricardo

jpnn.com - Mengikuti kemajuan teknologi saat ini yang semuanya serba digital, membuat Maudy Ayunda berniat merilis album dalam bentuk universal serial bus (USB). Ide itu tercetus lantaran Maudy Ayunda jengah dengan maraknya pembajakan di Indonesia.

“Sekarang kita sudah mulai naik ke era streaming platform, digital, download, semuanya sudah berubah. Aku saja kepikiran kemarin mau rilis USB album,” kata Maudy Ayunda saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (24/3).

Menurut pemain film Perahu Kertas ini, kemajuan teknologi menjadi potensi besar untuk memasarkan karya musik. “Dengan mudahnya sebuah konten jadi viral, di situlah harusnya ada rules soal regulasi terkait hak-hak intelektual juga. Sehingga bisa menguntungkan musisi atau pencipta karya, agar industrinya juga bisa tumbuh,” tutur Maudy.

Sayangnya, lanjut Maudy, kemajuan teknologi malah membuat musisi dirugikan.

“(Format album digital-red) secara teknis memang bisa diperbanyak. Tapi mungkin itu kelemahannya (karena mudah dibajak-red). Makanya butuh peran Bekraf dari segi regulasinya. Toh sekarang ada platform-platform seperti Spotify, Joox, dan lain sebagainya,” jelasnya. (ash)


Maudy Ayunda jengah dengan maraknya pembajakan di Indonesia. Menurut dia, kemajuan teknologi malah rugikan musisi


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News