Mauliate Godang, PDIP Berpeluang Menangkan 16 Pilkada di Sumut

Mauliate Godang, PDIP Berpeluang Menangkan 16 Pilkada di Sumut
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan ada 16 calon kepala daerah yang berpotensi menang berdasarkan hasil hitung cepat di Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2020.

Hasto menyampaikan terima kasih kepada rakyat Sumut atas dukungannya.

"Artinya semakin banyak lagi kader kami yang berperan serta menambah persentase kemenangan parpol lain yang turut jadi pengusung. PDI Perjuangan mengapresiasi pilihan warga Sumut terhadap kader murni kami. Mauliate Godang (terima kasih banyak)," kata Hasto dalam keterangan yang diterima, Jumat (11/12).

Hasto menilai kemenangan Bobby Nasution di Pilwako Medan menunjukkan betapa besarnya harapan rakyat kepada kader-kader PDI Perjuangan. Kepemimpinan muda membawa semangat pembaruan ke arah kehidupan yang lebih baik.

Hasto menerangkan, berdasarkan hasil quick count dan real count, serta konsolidasi data oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), sejauh ini PDIP memiliki potensi memenangkan 16 dari 23 Pilkada Sumut.

"Bagi kami Sumut itu punya histori, kedekatan sejarah. Di Sumut Bung Karno pernah diasingkan, yang mengajarkan bagaimana para pemimpin bangsa mampu menghadapi tantangan dengan tegas, tidak cengeng, tegar. Di Kota Medan, ada jejak rezim otoriter yang berusaha menggagalkan proses demokratisasi partai. Namun itu justru semakin memperkuat gelombang demokratisasi yang diinspirasi oleh Ibu Megawati," jelas dia.

Dari 16 wilayah, kemenangan itu ialah Kota Meda, Serdang Bedagai, Pematangsiantar, Toba Samosir, Phakpak Barat; Humbang Hasundutan, Gunung Sitoli, Nias Induk, Nias Selatan, Tapanuli Selatan, Tanjung Balai, dan Mandailing Natal.

Empat lainnya masih dihitung secara ketat dengan kemungkinan keluar sebagai pemenang tetapi selisih sedikit. Yakni di Tanah Karo, Nias Barat, Labuhan Batu Selatan, serta Labuhan Batu Induk.

Di Sumut, dari 16 calon kepala daerah yang berpotensi menang di Pilkada 2020, 11 orang merupakan kader murni partai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News