May Day Aman, Menaker: Buruh Makin Matang Dalam Berdemokrasi

May Day Aman, Menaker: Buruh Makin Matang Dalam Berdemokrasi
Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri (kiri). Foto: Humas Kemnaker RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada buruh Indonesia yang telah merayakan May Day atau hari buruh 2019 dengan aman. Buruh menyampaikan ekspresi dan aspirasi dengan tertib.

“Lancar dan tertibnya perayaan May Day menjadi indikasi bahwa pekerja dan serikat pekerja di Indonesia makin dewasa dan matang dalam berdemokrasi,” kata Menteri Hanif melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/5/2019.

Menaker juga mengapresiasi kepada buruh di Bandung yang tidak terpengaruh provokasi dari kelompok tertentu, yang menyusup di tengah massa aksi untuk berbuat rusuh.

“Sekali lagi, saya mengapresiasi sikap buruh dan serikat buruh yang dengan tegas menolak provokasi dari kelompok tertentu yang akan mengganggu ketertiban dengan menunggangi isu buruh,” katanya.

Sebagaimana diketahui, aksi May Day di Bandung disusupi oleh kelompok massa berpakaian hitam-hitam. Mereka berusaha membuat buruk citra gerakan buruh dengan membenturkan buruh dengan aparat kepolisian. Mereka juga melakukan aksi vandalisme dan merusak fasilitas umum.

“Terima kasih atas kesigapan dan ketegasan polisi dalam menindak massa non buruh yang telah memprovokasi buruh, sehingga May Day berlangsung aman. Usut tuntas hingga aktor intelektualnya,” tegas Menaker.

Dalam keterangan tertulisnya, Menaker juga mengajak kepada pekerja, serikat pekerja, pengusaha dan semua pihak untuk bersinergi, bekerja sama, dan berkolaborasi dalam menghadapi tantangan perubahan pasar kerja di masa mendatang. Perubahan iklim ketenagakerjaan global yang kian dinamis, harus direspon secara cepat. Dengan demikian daya saing dan produktifitas pekerja Indonesia bisa diandalkan.

Diantara isu ketenagakerjaan yang harus segera direspon adalah masalah perbaikan ekosistem ketenagakerjaan, pembangunan SDM pekerja, perlindungan tenaga kerja, perluasan jaminan sosial, peningkatan kewirausahaan, serta penguatan dialog sosial dalam hubungan industrial.(adv/jpnn)


Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada buruh Indonesia yang telah merayakan May Day atau hari buruh 2019 dengan aman.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News