Mayjen Candra, Sosok Pimpinan yang Memimpin dengan Hati

Mayjen Candra, Sosok Pimpinan yang Memimpin dengan Hati
Mayjen TNI Candra Wjaya berbincang dengan personel Dispenad. Foto: Dok Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya dikenal oleh para prajurit sebagai sosok pemimpin yang memimpin dengan hati.

Kasubdis Penmedonline Kolonel Arm Anang Krisna mengungkapkan bagaimana sosok Mayjen TNI Candra Wijaya saat memimpin Dinas Penerangan TNI AD.

"Namanya komandan, Kadispen pada waktu itu, bayangan kami itu, pasti galak, karena menginginkan tentara itu serba cepat dan tepat. Tetapi Pak Candra itu dia memimpin kalau boleh saya bilang memimpin dengan hati," kata Kolonel Anang dalam siaran TNI AD di Jakarta.

Menurut Kolonel Arm Anang Krisna, sosok Mayjen TNI Candra Wijaya mengerti kekurangan dan kelebihan prajurit yang dipimpinnya ketika memimpin Dispenad. Candra Wijaya juga bagus dalam mengarahkan bawahannya.

"Beliau mengarahkan para anggota itu enak, tanpa membuat tersinggung, atau dalam bahasa tentara itu tanpa membuat dongkol. Justru kami kadang malu sendiri kalau kami ada salah, ditegur saja kami sudah merasa salah, tidak perlu sampai beliau itu marah-marah," kata Anang.

Selain itu, kata dia, Mayjen Candra juga dikenal sebagai sosok yang mengenali bawahannya. Dia mengenali prajuritnya satu per satu.

"Kami seperti menemukan sosok bapak di lapangan, Pak Candra itu mau turun ke bawah. Seorang anggota kalau dipanggil namanya langsung itu rasanya beda dengan dipanggil 'hei kamu-kamu', rasanya akan beda jika dipanggil nama, rasanya pimpinan kenal saya. Pak Candra mengenali anggotanya satu per satu," kata Anang.

Setelah memimpin Dispenad Mayjen TNI Candra Wijaya kemudian dipercaya sebagai Kasdam IX/ Udayana.

Pada 2021 ini, Mayjen TNI Candra Wijaya mendapatkan kepercayaan menjadi Gubernur Akademi Militer (Akmil).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News