Mayjen Izak Pangemanan: TNI tidak Akan Mundur Selangkah pun Menghadapi KKB

Mayjen Izak Pangemanan: TNI tidak Akan Mundur Selangkah pun Menghadapi KKB
Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen Izak Pengemanan. Foto: Ridwan/JPNN.com.

jpnn.com - JAYAPURA - Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal Tentara Nasional Indonesia Izak Pangemanan menyatakan bahwa prajurit TNI tidak akan mundur selangkah pun dalam menghadapi kelompok separatis. 

Dia menegaskan bahwa Indonesia ialah negara berdaulat. TNI, lanjut dia, akan menjaga kedaulatan negara ini.

“Siapa pun yang akan mengganggu, kami akan bertindak dan tidak akan mundur satu langkah pun," kata Mayjen Izak Pangemanan di Papua, Rabu (24/1) sore. 

Jenderal bintang dua itu menambahkan bahwa selain menjaga kedaulatan, TNI juga tidak akan tinggal diam apabila masyarakat diganggu oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Ya tentunya kalau sudah mengganggu begini, TNI akan bertindak. Karena kami hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ungkap dia. 

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1990 itu mengatakan bahwa situasi di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, kini sudah berangsur kondusif pascarentetan aksi yang dilakukan oleh kelompok bersenjata.

Meski situasi kondusif, kata Izak, aparat gabungan tetap bersiaga mengantisipasi aksi-aksi susulan.

"Kondisi pada saat ini untuk Intan Jaya sudah normal kembali. Tidak ada kontak tembak, semua kegiatan sudah mulai pulih kembali,” katanya.

Mayjen TNI Izak Pangemanan menegaskan TNI tidak akan gentar dan tak akan mundur selangkah pun menghadapi KKB. TNI akan menjaga kedaulatan NKRI dan rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News