Mayjen Ruruh Siap Melanjutkan Program yang Dirintis Richard Tampubolon

Mayjen Ruruh Siap Melanjutkan Program yang Dirintis Richard Tampubolon
(kiri ke kanan) Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Lotharia Latif, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Ruruh Setyawibawa, Gubernur Maluku Murad Ismail dan Irjenad Mayjen Richard Tampubolon saat menghadiri acara pisah sambut Pangdam XVI/Pattimura di Ambon, Kamis (2/7) malam. (HO/Pendam XVI/Pattimura)

jpnn.com, AMBON - Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa yang baru menjabat sebagai Panglima Kodam XVI/Pattimura menyatakan siap bersinergi dan berkoordinasi serta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemprov Maluku Utara, di samping bersama Polri, menjaga dan merawat keamanan di dua provinsi tersebut. 

Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa juga memastikan akan melanjutkan program Mutiara Pattimura yang dirintis oleh eks Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon. 

"Selaku pimpinan yang baru saya akan melanjutkan program Mutiara Pattimura yang telah dirintis Pak Richard Tampubolon, karena dampaknya lebih mendekatkan Kodam dengan masyarakat Maluku dan Maluku Utara (Malut)," kata Mayjen Ruruh pada acara pisah sambut Pangdam XVI/Pattimura, yang berlangsung di Ambon, Kamis (21/7) malam.

Dia menilai program Mutiara Pattimura berdampak besar menciptakan ketahanan pangan di dua provinsi bertetangga itu, baik di bidang pertanian dan perikanan, di samping menerobos keterisolasian daerah terluar di bidang kesehatan melalui kehadiran motor ambulans."Jadi, program ini luar biasa sekali dalam hal mendekatkan jajaran TNI dengan masyarakat,” ungkapnya. 

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1988 ini berharap kehadirannya dirinya bisa memperkuat dan mempertebal kedekatan tersebut. “Sehingga keberadaan dan kehadiran Kodam bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya. 

Ruruh juga berterima kasih kepada Mayjen Richard Tambubolon yang dipromosikan sebagai Irjenad sekaligus berharap kepemimpinannya di tempat yang baru lebih mempermudah koordinasi antara Kodam Pattimura dengan petinggi TNI termasuk pemerintah pusat. Sehingga kebutuhan dan program Kodam untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat terus terlaksana.

"Kebetulan Pak Richard sebagai Irjenad, tentunya dapat melihat perkembangan apa yang dilakukan Kodam Pattimura waktu demi waktu, dan saya berharap beliau bisa mendukung kami," ujarnya.

Mayjen Richard Tampubolon menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk Pemprov Maluku dan Malut selama dirinya menjabat Pangdam XVI/Pattimura dalam kurun enam bulan terakhir.

Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, Pangdam XVI/Pattimura, menyatakan siap melanjutkan program Mutiara Pattimura yang dirintis Mayjen TNI Richard Tampubolon. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News