Mayjen Suharyanto Bersumpah di Hadapan Jokowi, Begini Kalimatnya

Mayjen Suharyanto Bersumpah di Hadapan Jokowi, Begini Kalimatnya
Mantan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen Suharyanto bersumpah saat dilantik sebagai kepala BNPB oleh Jokowi. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik Mayjen Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11).

Mayjen Suharyanto ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 140B Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB yang ditetapkan pada 16 November 2021.

Keppres itu dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memandu pengucapan sumpah jabatan Suharyanto sebagai kepala BNPB.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi, diikuti oleh Suharyanto, bersumpah.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," tutur Jokowi melanjutkan ucapan sumpah untuk mantan Sekretaris Militernya itu.

Upacara pelantikan Mayjen Suharyanto sebagai kepala BNPB dilakukan dengan undangan terbatas dan protokol kesehatan ketat.

Hadir sejumlah pejabat negara, di antaranya Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Mantan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen Suharyanto bersumpah saat dilantik sebagai kepala BNPB oleh Jokowi.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News