Mayjen TNI Tri Budi Utomo: Anggota Komcad Harus Selalu Siaga Jika Dipanggil Negara

Mayjen TNI Tri Budi Utomo: Anggota Komcad Harus Selalu Siaga Jika Dipanggil Negara
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengukuhkan komponen cadangan pertahanan negara di Kalimantan Selatan, Jumat (26-8-2022). ANTARA/Firman

jpnn.com - BANJARBARU - Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyatakan bahwa anggota Komponen Cadangan (Komcad) harus selalu siap dan siaga apabila dibutuhkan oleh negara.

Dia menyatakan bahwa bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan menjadi tugas dan kewajiban semua rakyat sebagai warga negara Indonesia.

"Anggota Komponen Cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara," kata Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Hal itu diungkapnya saat mengukuhkan 500 orang Komcad pertahanan negara di di Lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman di Banjarbaru, Jumat (26/8). 

"Mereka yang dikukuhkan ini telah mengikuti latihan pendidikan dasar militer selama tiga bulan," ungkapnya.

Jenderal bintang dua itu mengingatkan bahwa Komponen Cadangan dikerahkan bila negara dalam darurat militer atau perang yang dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan DPR yang komando kendalinya berada di bawah panglima TNI.

“Jadi, tidak ada anggota Komponen Cadangan melakukan kegiatan mandiri. Semuanya bergerak hanya untuk kepentingan negara,” ungkap Mayjen TNI Tri Budi Utomo. 

Pangdam menyampaikan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan masyarakat untuk ikut serta menjadi bagian dari Komcad. 

Mayjen TNI Tri Budi Utomo menegaskan anggota Komcad harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komcad hanya bergerak untuk kepentingan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News