Mayoritas Pemda Minta BOS Langsung ke Sekolah

Mayoritas Pemda Minta BOS Langsung ke Sekolah
Mayoritas Pemda Minta BOS Langsung ke Sekolah
JAKARTA—Komite Pendidikan yang diketuai oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono, akan segera membahas mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2012, pekan depan. Hal tersebut terkait dengan adanya hasil survey mekanisme dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Survei menunjukkan, 88 persen daerah (425 kabupaten/kota) memilih dana BOS disalurkan langsung ke sekolah.

Mendiknas M Nuh mengungkapkan, pembahasan masalah ini akan dilakukan dalam rapat Komite Pendidikan yang diagendakan pada hari Rabu (5/10) mendatang, meskipun beberapa hari sebelumnya, hasil survey tersebut sudah diserahkan kepada Wapres.

 “Jadi begini,  insyaallah pada hari Rabu depan akan ada rapat Komite Pendidikan bersama Wapres . Salah satu agendanya adalah membahas BOS 2012. Oleh karena itu tim teknis juga akan bekerja bagaimana model BOS 2012. Nanti konsekuensinya, jika nanti BOS 2012 harus kembali ke 2010, berarti nanti anggaran Kemdiknas akan naik luar biasa, bisa bertambah lebih dari RP 20 triliun,” terang Nuh ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Jumat (30/9).

Menurutnya, jika dana BOS tidak dikembalikan ke Kemdiknas, bendahara negara akan kesulitan untuk meminta pertangungjawaban sekolah-sekolah yang menerima dana BOS. “Kalau dari bendahara/kas negara langsung ke sekolah kan nanti susah tanggung jawabnya. Malah repot. Padahal kan ada bapaknya (Kemdiknas). Oleh karena itu, dari bendahara, diserahkan ke bapaknya yaitu Kemdiknas baru nanti ditransfer ke Propinsi yang kemudian ke sekolah,” imbuhnya.

JAKARTA—Komite Pendidikan yang diketuai oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono, akan segera membahas mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News