Mbak Rerie: Bangkitnya Pariwisata Diharapkan Mampu Menjawab Tantangan Bangsa

Mbak Rerie: Bangkitnya Pariwisata Diharapkan Mampu Menjawab Tantangan Bangsa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menghadiri acara peringatan HUT ke-75 MPR RI dan Seminar Nasional Tentang Pembentukan Majelis Syuro Dunia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (29/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan industri pariwisata harus bangkit, karena dampaknya tidak pada penguatan perekonomian nasional, tetapi juga berpotensi meningkatkan harapan dan semangat dalam menghadapi tantangan bangsa.

"Industri pariwisata nasional berpotensi menjadi tulang punggung negara untuk mengatasi krisis ekonomi. Peluang itu bisa menjadi penyemangat dan menimbulkan harapan dalam menghadapi tantangan saat ini," kata Lestari Moerdijat secara daring saat membuka FGD MPR RI bertema “Pariwisata dalam Pandemi: Wisatawan Lokal sebagai Tiang Bangsa” di depan civitas akademika Universitas Semarang (USM), Jawa Tengah, Kamis (19/11).

Menurut Lestari, industri pariwisata nasional terkena dampak luar biasa akibat pandemi Covid-19. Pembatasan mobilitas orang menjadi salah satu penyebabnya.

Rerie, sapaan akrab Lestari menilai karena industri wisata sangat berkaitan dengan sejumlah kegiatan ekonomi lain yang melibatkan banyak tenaga kerja seperti industri kerajinan, makanan dan minuman serta perhotelan, maka dampak ekonomi sektor pariwisata sangat besar.

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat, kunjungan wisatawan mancanegara periode Januari-Juli 2020 turun hingga 87,4 persen.

Aktivitas meeting, insentive, convention, exhibition (MICE) pun menurun drastis.

Akibatnya, Rerie menjelaskan sejumlah 2000 hotel dan 2,1 juta UMKM terdampak.

Menurut Rerie, menurunnya kedatangan turis mancanegara bisa diharapkan tergantikan lewat peningkatan jumlah wisatawan domestik.

Mbak Rerie meyakini industri pariwisata nasional berpotensi menjadi tulang punggung negara untuk mengatasi krisis ekonomi. Peluang itu bisa menjadi penyemangat dan menimbulkan harapan dalam menghadapi tantangan saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News