Mbak Rerie Dorong Pengawasan Ketat Tetap Dilakukan Cegah Klaster Baru Covid-19

Mbak Rerie Dorong Pengawasan Ketat Tetap Dilakukan Cegah Klaster Baru Covid-19
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap pengawasan tetap berjalan terhadap berbagai kegiatan yang diizinkan kembali dilaksanakan di masa pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ini.

"Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati dalam setiap berkegiatan harus benar-benar dikedepankan agar tidak tercipta klaster baru," kata Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/9).

Upaya testing, tracing dan treatment yang transparan terhadap masyarakat juga harus tetap dilakukan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu juga menyarankan agar setiap upaya pelonggaran kebijakan yang berdampak pada peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik dipersiapkan dengan matang untuk menekan sekecil mungkin potensi penyebaran virus Corona.

Rerie menegaskan, persiapan matang dalam berkegiatan itu harus dilakukan semua pihak, baik oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat yang terlibat dalam sejumlah aktivitas di ruang publik.

Contohnya kebijakan ganjil genap diterapkan untuk mengendalikan jumlah wisatawan yang datang.

Kesiapan serupa juga harus dilakukan dalam setiap kegiatan di ruang piblik di masa pandemi ini, seperti pembukaan kembali aktivitas di mal dan pusat perbelanjaan, bioskop, rumah makan, warung, pembelajaran tatap muka dan sejumlah lokasi lainnya.

"Para pemangku kepentingan harus memastikan kebijakan tersebut benar-benar berjalan sesuai dengan yang direncanakan lewat pengawasan yang ketat," tegasnya.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) berharap semua pihak tetap ikut mengendalikan penyebaran virus di tengah tren penurunan kasus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News